Riset: iPhone 5 Dibenci, Galaxy S4 Disukai

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan analis dari perusahaan riset We Are Social mengungkapkan, iPhone 5 menerima reaksi terburuk dari penggunanya setelah diluncurkan di tahun 2012.
Menurut penelitian itu, satu dari lima posting di jejaring sosial berisi kritikan terhadap ponsel anyar Apple tersebut.
Mayoritas orang mengeluh dengan bentuk soket barunya, ketidakakuratan Apple Maps, dan model yang mirip dengan ponsel-ponsel sebelumnya, dilansir Daily Mail, 16 Juli 2013.
Sementara Samsung dalam posisi yang lebih menguntungkan. Dari hasil analisis We Are Social, hanya 11 persen orang yang mengeluh soal ponsel Galaxy S4.
Analisis We Are Social merujuk pada pantauan di Twitter, blog, dan forum-forum setelah peluncuran empat ponsel pintar terbaik. Apple iPhone 5 (5 September 2012), Samsung Galaxy S4 (Maret 2013), BlackBerry Z10 (Januari 2013), dan Nokia Lumia 920 (September 2012).
Keluhan terbanyak datang dari ponsel pintar iPhone 5, mulai dari inovasi yang minim untuk soket baru serta aplikasi pemetaannya.
Menurut Ed Kitchingman, analis senior di We Are Social, Apple adalah merek yang sering menerima kritikan karena meluncurkan produk baru yang hampir sama dengan produk sebelumnya.
"Peluncuran produk baru yang paling sukses adalah ketika imajinasi konsumen terhadap fitur baru terjawab di perangkat yang inovatif," kata Kitchingman.
Dia menambahkan, Samsung Galaxy S4 memiliki faktor "wow" dalam peluncurannya, karena 56 persen orang mendiskusikan fitur-fitur terbaru dari ponsel tersebut.
"Sedangkan, 29 persen orang mendiskusikan ponsel iPhone 5 bukan pada fitur-fiturnya, tapi lebih kepada kurangnya inovasi," papar Kitchingman.
Namun, iPhone 5 tetap menjadi merek yang paling populer di media sosial. Terbukti dari 1,7 juta percakapan mengenai peluncuran iPhone 5. Dibandingkan Samsung Galaxy S4 hanya memiliki 140.000 percakapan pada peluncuran perdananya.
© TAMORANEWSCOM