Microsoft Rombak Produk Besar-besaran?
Microsoft berencana melakukan perubahan desain produk mereka. Setelah mengganti logo Windows, Office, perusahaan besutan Bill Gates ini sedang mempersiapkan logo baru untuk produk lainnya, termasuk Bing, Skype, Xbox, dan Yammer.
Dalam sebuah event Design Day 2013 di Norwegia, General Manager Windows Phone Studio Albert Shum dan Todd Simmons, serta Direktur Kreatif Wolff Olins, membicarakan rebranding Microsoft itu.
Dalam sebuah video konsep yang dipertunjukkan pada acara itu, dilansir The Verge, 29 April 2013, logo mesin pencari Microsoft, Bing, hadir dengan konsep seperti bentuk bumerang dengan sudut lancip.
Mengiringi perubahan logo ini, Simmons mengatakan produk Microsoft akan mengalami perubahan. "Merek lain juga akan berubah. Skype, Yammer, Xbox, semua sedang dalam pengerjaan," kata Simmons.
Logo baru nanti disesuaikan dengan pendekatan baru Microsoft, tampil dengan warna yang diratakan dan menyelaraskan produk lainnya.
Dalam presentasinya, ketiga ahli itu membahas keselarasan desain, pemasaran, produk, dan merek Microsoft. Mereka juga mengungkapkan tampilan baru dipengaruhi oleh branding merek lain.
"Kami terinsipirasi oleh Nike. Anda bisa merasakan pengalamannya meski tanpa logo," kata Simmons. Untuk itu, Microsoft mengambil pendekatan yang sama, produknya tampak mirip, tapi menjadi merek tersendiri.
Perubahan ini menurut Simmons didorong oleh konsumen, keterjangkauan, dan pilihan. Meski mengubah tampilan menjadi risiko bagi Microsoft, tapi perusahaan yang berkantror di Redmont-Washington ini telah yakin untuk mendapatkan respons baik dari seluruh dunia.
"Kami juga yakin, kami tidak akan bisa mengubah satu hal jika tidak mampu mengubah Windows," ujarnya.
Berikut cuplikan konsep logo Bing yang baru dalam video presentasi Simmons:
© TAMORANEWSCOM